Home » Uncategorized » Kelebihan Serta Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan Serta Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Posted on 25/06/2022 by ◦ Views: 627x ◦ Category: Uncategorized

Kelebihan Serta Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Baja merupakan baja cold-formed dengan ketebalan berkisar antara 0.4mm sampai dengan 3.0mm yang ringan dan tipis namun memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan baja konvensional.

Akan tetapi ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ukuran baja ringan beserta jenis dan bentuknya, sebelum Anda mulai memasang baja ringan. Anda juga bisa merakit rangka atap baja ringan untuk atap rumah Anda. Saat Anda menggunakan atap baja ringan, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari atap baja ringan.

rangka atap baja ringan

rangka atap baja ringan

Kelebihan Atap Baja Ringan Dibandingkan Jenis Atap Lainnya

Jika dibandingkan dengan atap rumah dari bahan lain, kelebihan atap baja ringan cukup banyak. Keuntungan utamanya termasuk yang berikut:

Anti Karat dan Anti Rayap

Baja ringan memiliki sifat yang tahan terhadap rayap, tidak seperti atap kayu. Tidak hanya itu, dimana baja ringan terbuat dari bahan logam yang anti karat. Dengan begitu, perawatan menjadi lebih mudah.

Lebih Murah dari Kayu

Karena semakin langka, harga kayu berfluktuasi tajam. Sedangkan baja ringan masih mudah ditemukan sehingga harganya tidak fluktuatif. Jika dibandingkan dengan atap kayu, baja ringan tentunya memiliki harga yang lebih murah.

Proses Pemasangan Mudah dan Murah

Begitupun untuk pemasangan, rangka baja ringan sangat mudah dipasang. Kemudahan tersebut berdampak pada kecepatan waktu sejak peluncuran. Karena mudah, prosesnya bisa selesai dalam waktu singkat. Biayanya otomatis akan lebih murah.

Punya Sifat yang Lentur

Selain bahan kayu, baja ringan sering dibandingkan dengan baja yang konvensional. Untuk fleksibilitas, baja ringan terbilang jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan baja konvensional. koneksi tarik pada baja ringan terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 550 Mpa, sedangkan untuk baja konvensional hanya sebesar 300 Mpa. Dengan sifat lenturnya, baja ringan dapat menyerap energi dengan jumlah yang cukup besar.

Daya Tahan Jangka Panjang

Baja ringan memiliki daya tahan yang cukup baik karena tidak cepat lapuk ataupun susut. Selain itu, meskipun lebih fleksibel dari baja ringan masih kuat untuk menahan perlawanan bangunan dibandingkan dengan kayu.

Bahan Ramah Lingkungan Karena dapat Didaur Ulang

Ketika anda ingin membongkar rangka atap baja ringan , maka bongkaran atap jangan langsung dibuang. Material baja dapat didaur ulang untuk menjadi konstruksi bangunan lagi. Karena sifatnya yang dapat didaur ulang, penggunaan rangka baja ringan sering digaungkan oleh program pemerintah. Dalam upaya menjaga lingkungan, material kayu sebaiknya diganti dengan baja ringan karena karakteristik tersebut.

Kelemahan Atap Baja Ringan Bila Diaplikasikan pada Perumahan

Meski memiliki banyak kelebihan, tetap saja ada kekurangan dari atap baja ringan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis atap ini, pertimbangkan juga kekurangannya sebagai berikut:

Kurang Fleksibel untuk Profil Rumah Tertentu

Dibandingkan dengan kayu, baja ringan memiliki kelenturan yang lebih rendah. Kayu memiliki tingkat kelenturan yang tinggi sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan keinginan penggunanya. Hal ini akan sulit diterapkan pada rumah dengan rangka atap baja ringan. Ada beberapa profil rumah yang sulit dibentuk dengan baja ringan.

Mudah Dibawa Angin

Biasanya setiap potongan baja ringan akan disambung menggunakan baut. Inilah kelemahan baja ringan. Saat ada angin kencang, sambungan bisa berisiko lepas dan terbawa angin. Oleh karena itu, baja ringan tidak cocok digunakan sebagai konstruksi rumah yang terletak di daerah yang banyak angin.

Nilai Estetika Berkurang

Estetika baja ringan akan sangat menarik pada penutupnya. Jika penutup atapnya berat, maka kepadatan konstruksi atapnya akan semakin rapat. Hal ini seringkali mengurangi estetika bangunan.

Proses Pembuatannya Tidak Ramah Lingkungan

Jika dilihat dari perspektif berkelanjutan, baja ringan dapat dijelaskan lingkungan. Berbeda dengan kayu yang cenderung lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan organik.

Bisa Berakibat Fatal Jika Salah Hitung

Material baja ringan memiliki struktur jaringan, sehingga semuanya harus diperhitungkan dengan matang. Jika terjadi perhitungan, atap yang telah dibangun bisa jadi tidak memenuhi syarat keselamatan. Akhirnya mau tidak mau, semuanya harus diulang dari awal.

Rentan Terkena Hempasan Angin

Memang baja ringan cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan bahan atap lainnya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa proses pemasangan pada sambungan rangka atap baja ringan hanya menggunakan baut. Untuk itu, jika Anda tinggal di daerah yang sering mengalami angin kencang, menghindari menggunakan atap jenis ini.

Pengertian Baja Ringan

Baja ringan adalah produk yang terbuat dari bahan baja dan sifat baja ringan sangat kaku, sehingga sangat kuat untuk menopang beban berat. Dalam sebuah konstruksi, peran baja ringan untuk menghitung kayu dan baja ringan juga memiliki magnet yang sangat menguntungkan.

Dengan adanya baja ringan tentunya dapat mengurangi penggunaan kayu dan dapat mengurangi jumlah penanaman pohon. Rangka atap yang menggunakan baja ringan akan memiliki massa yang lebih ringan dan lebih tipis, namun kuat dalam menopang beban

Jenis Baja Ringan

Sedangkan untuk dimensi ukuran, ketebalan baja ringan yang biasa digunakan adalah 0,75 mm sampai 1,00 mm pada batang utama rangka konstruksi. Sedangkan pada reng, ketebalan yang digunakan berkisar antara 0,40 hingga 0,60 mm. Sedangkan ukuran profil tinggi juga bervariasi dari 70 mm hingga 100 mm. Dan pada reng / reng tinggi dari 31mm sampai 60mm. Variasi ukuran ini untuk menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang dipikulnya.

Baja Ringan Kaso atau Trus

Kasau atau truss adalah jenis baja ringan yang sangat cocok untuk kaki utama sebuah bangunan tunggal untuk tiang utama. Truss memiliki 2 profil yaitu W dan C dan perbedaannya hanya pada ukuran, karena profil W lebih besar dari C.

Penggunaan kasau dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga tidak akan terbuang terlalu banyak dan daya tahannya dapat bertahan hingga puluhan tahun. Menggunakan rangka batang tentu lebih sederhana, karena tidak membutuhkan proses yang lama dan proses konstruksi dapat diselesaikan lebih cepat.

Baja Ringan Reng atau Profil B

Reng biasanya digunakan untuk menahan genteng dan reng biasanya menggunakan bambu sebagai bahan dasar. Proses pengolahan reng tentunya membutuhkan waktu yang lama dan reng yang baik biasanya direndam dalam air terlebih dahulu, agar reng lebih awet. Sekarang dengan profil B, proses pembangunannya sangat singkat dan meskipun dimensi reng baja ringan lebih tipis dari reng, daya tahannya sangat kuat. Baja ringan jenis ini memiliki bentuk yang menyerupai trapesium dan bentuk-bentuk yang akan membuat bangunan terlihat lebih keren.

Baja Ringan Taso

Taso adalah jenis baja ringan dengan bentuk seperti huruf A dan luarnya menyerupai balok kecil yang berguna untuk mengikat profil B. Untuk menyusun rangkaian atap yang kokoh tentunya membutuhkan taso berukuran tipis, itu dapat menghasilkan desain bangunan yang modern. Taso juga biasanya digunakan untuk memperkuat atau mengikat kuda-kuda dan taso juga dapat memperkuat kondisi gorden, sehingga dapat menempatkan permukaan atap dengan baik.

Reng Baja Ringan

Berbentuk trapesium, digunakan sebagai peletakan atap. Umumnya ketebalan reng adalah 0,45 mm dengan kisaran antara 28 mm 40 mm, semakin tinggi profilnya sampai kuat. Jika menggunakan ubin beton atau keramik, disarankan untuk menggunakan reng dengan tinggi minimal 30 mm.

Semua Jasa Pasang Baja Ringan

  1. Pasang Baja Ringan
  2. Pasang Rangka Atap Baja Ringan
  3. Toko Baja Ringan
  4. Toko Baja Ringan Jogja
  5. Baja Ringan Bantul
  6. Atap Baja Ringan Murah
  7. Baja Ringan Klaten
  8. Toko Baja Ringan Terdekat
  9. Baja Ringan Yogyakarta
  10. Jasa Pemasangan Baja Ringan
  11. Jual Baja Ringan Kencana
  12. Jasa Bangun Rumah
  13. Toko baja ringan
  14. Baja Ringan
  15. Atap Baja Ringan Murah
  16. Kanopi Baja Ringan
  17. Baja Ringan Jogja
  18. Pasang Baja Ringan

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan rangka atap baja ringan , semoga bermanfaat.

Share to

Kelebihan Serta Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Other Articles

Baja Ringan Jogja
Baja Ringan Jogja Berada Di Yogyakarta
Posted on 27/06/2022 by

Jasa Pasang Baja Ringan Jogja | Anda sedang mencari baja ringan jogja , harga baja ringan jogja, harga kanal c baja ringan jogja, harga baja ringan jogja 2022, harga reng baja ringan jogja, harga baja...

Atap Limasan Baja Ringan
Mengetahui Jenis-Jenis Atap Limasan Baja Ringan
Posted on 25/06/2022 by

Atap Limasan Baja Ringan – Mungkin ini pertanyaan yang tidak banyak orang cinta. Namun mengetahui satu hal ini cukup penting. Terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia konstruksi. Pembangu...

Jasa Pasang Galvalum Jogja
Jasa Pasang Galvalum Jogja Istimewa
Posted on 24/06/2022 by

Jika anda membutuhkan jasa galvalum di jogja , Bantul, Sleman, Kulon Progo atau Gunungkidul, silahkan hubungi kami. Jasa pasang galvalum murah berkualitas di Jogja, pekerjaan rapi dan berkualitas. Di ...

Atap Baja Ringan
Bagaimana Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan?
Posted on 26/06/2022 by

Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan untuk rangka atap baja ringan rata-rata yang dipakai dalam pengaturan RAB (Ide Biaya Biaya) pendirian bangunan. Arahnya untuk memahami ukuran permukaan atap yang ...

Comment (0)

There are currently no comments available

Please write your comments

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Kelebihan Serta Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

1 | 2 | 3 | 4
Erika
● online
Hello, my name is Erika
just now
Can I help you?
just now