Beranda » Uncategorized » Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 22 June 2022 | Dilihat sebanyak 917 kali | Kategori: Uncategorized

Rangka Atap Baja Ringan | Rangka atap terbuat dari dua bahan yaitu kayu dan juga baja. Dalam konstruksi komersial dan industri, rangka atap baja menjadi pilihan utama dan menyebabkan popularitas rangka atap baja ringan di pasar bangunan melambung tinggi. Seperti halnya produk bangunan lainnya, ada kelebihan dan kekurangan bangunan dengan Rangka Atap Baja Ringan yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan

Semua kelebihan bangunan dengan atap baja ringan sama dengan manfaat bangunan baja pada umumnya. Selain persyaratan ketat untuk bahan bangunan ramah lingkungan, baja juga kuat, tahan lama, dan tahan terhadap sebagian besar ancaman yang biasanya rentan terhadap rangka atap kayu.

1. Baja Dapat Dibuat Massal Dan Seragam

Tidak seperti kayu yang tidak dapat dibuat seragam karena sifatnya yang alami, rangka baja sebenarnya dapat diproduksi secara massal, seragam dan presisi. Produk atap baja ringan yang tiba di lokasi bertahan seperti yang dirancang, dengan hanya sedikit variasi dalam kualitas. Hal ini tidak mungkin dengan bahan kayu, yang sifat dan kualitasnya dapat sangat bervariasi dari waktu ke waktu, terutama karena fluktuasi suhu dan kelembaban relatif.

2. Umur Panjang Dan Baja Tahan Lama

Rangka atap baja ringan yang dilapisi dengan baik dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama. Tidak hanya dapat menahan tekanan tinggi karena menopang atap, baja juga membutuhkan perawatan yang sangat minim. Baja juga memiliki densitas yang tinggi, sehingga deformitas yang signifikan dapat terjadi.

sebagian besar kerusakan baja akan jelas dan menunjukkan perlunya terlihat sebelum atap runtuh. Sistem atap baja ringan juga direkomendasikan di daerah mana ada angin kencang atau potensi badai. Atap dapat direkayasa untuk menahan gaya angkat oleh angin yang sangat kencang, termasuk angin badai.

3. Memiliki Ketahanan Hama Terbaik

Rangka atap kayu rentan terhadap hama, yang merupakan ancaman serius di daerah yang rawan rayap dan serangan hama kayu lainnya. Meskipun kayu dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan terhadap hama, perlakuan tersebut secara internal, yang mengurangi kualitas udara dalam ruangan dan jejak gelap pada setiap proyek yang disebut ramah lingkungan.

4. Rangka Baja Ringan Tahan Api

Rangka Atap Baja Ringan | Lapisan logam tahan api membuat rangka atap baja hampir tidak dapat dikendalikan oleh api biasa. Ini penting untuk setiap struktur bangunan dengan penghuni yang tinggal atau yang memiliki properti berharga di dalamnya. Peningkatan ketahanan api juga dan menambah manfaat untuk bangunan yang dibangun di daerah badai atau di mana ada risiko aktivitas seismik dan korsleting listrik yang lebih besar, yang keduanya dapat meningkatkan risiko di gedung.

Kekurangan Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan

Tentu tidak ada produk yang sempurna, sehingga rangka atap baja ringan ini juga memiliki kekurangan, antara lain sebagai berikut.

1. Kerentanan Terhadap Korosi

Rangka atap baja ringan mungkin tahan terhadap hama, api dan angin, tetapi ternyata rentan terhadap korosi, terutama sebagai akibat paparan terhadap kelembaban dan lokasi di pinggir laut yang memperpendek umur logam. Namun rangka baja yang dibeli dari produsen berkualitas akan dirancang dan dilindungi sesuai dengan iklim dan kondisi bangunan. Lapisan ini menghilangkan risiko korosi, dengan asumsi bangunan menerapkan penghalang uap yang memadai, seperti ventilasi dan isolasi.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

2. Baja Adalah Konduktor Panas

Baja cepat dengan pancaran panas yang diserap. Sementara rangka baja tidak menawarkan tingkat insulasi yang sama dengan rangka kayu, kekurangan ini juga dapat diperbaiki melalui penghalang radiasi dan insulasi yang mencukupi. Namun, penting untuk dicatat bahwa menambahkan isolasi juga dapat meningkatkan biaya yang dibutuhkan untuk mengisi ruang loteng. Artinya harus ada beberapa tahapan pekerjaan yang dibutuhkan.

3. Baja Melengkung Rusak Pada Suhu Tinggi

Rangka Atap Baja Ringan | Rangka baja ringan dapat berubah bentuk pada 800 °F dan baja tampak mengembang pada 1000 °F, menerapkan tegangan lateral yang kuat yang dapat menyebabkan dinding bangunan retak. Perluasan rangka karena panas juga dapat menyebabkan baja melengkung dan patah. Dengan demikian, rangka baja tahan api merupakan persyaratan untuk memastikan baja akan tetap kokoh jika terjadi kebakaran, mengingat rata-rata api mencapai suhu sekitar 1.100 ° F.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang mengetahui kelebihan dan kekurangan Rangka Atap Baja Ringan , semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Borongan Baja Ringan Per Meter

Cara Menghitung Borongan Baja Ringan Per Meter

Dipublish pada 25 June 2022 | Dilihat sebanyak 815 kali | Kategori: Uncategorized

Cara Menghitung Borongan Baja Ringan Per Meter – Pada kesempatan kali ini kami hadirkan tutorial yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengangkat tema Cara Menghitung Borongan Baja Ringan atap baja ringan per meter. Penulis mengangkat ini karena banyak orang memilih... selengkapnya

Baja Ringan Murah Jogja

Keunggulan Baja Ringan Murah Jogja

Dipublish pada 23 June 2022 | Dilihat sebanyak 971 kali | Kategori: Uncategorized

Baja Ringan Murah Jogja | Material Baja Ringan Murah Jogja kini mengaktifkan peran kayu yang selama ini digunakan sebagai pilihan untuk rangka atap. Bukan tanpa alasan, baja ringan memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan rangka atap konvensional berbahan kayu. Jika... selengkapnya

bedanya Galvalum(Zincalume) dengan Galvanis

bedanya Galvalum(Zincalume) dengan Galvanis

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 794 kali | Kategori: Uncategorized

Bahan G alvalume dan Galvanize digunakan untuk membedakan jenis lapisan finishing atau coating pada bahan rangka besi hollow dan bahan rangka atap baja ringan . Galvalume merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur Aluminium dan Zinc atau disebut Zinc-Alume. Untuk... selengkapnya

1 | 2 | 3 | 4 | Mushiku.com