Beranda » Uncategorized » Kelebihan Dan Kekurangan Pasang Baja Ringan Terbaru

Kelebihan Dan Kekurangan Pasang Baja Ringan Terbaru

Dipublish pada 23 June 2022 | Dilihat sebanyak 676 kali | Kategori: Uncategorized

Pasang Baja Ringan | Setelah mengetahui apa itu Pasang Baja Ringan atau galvalume dari artikel ini. Maka tidak heran jika baja ini menjadi salah satu bahan pengganti kayu dalam pembuatan rangka atap.

Pasang Baja Ringan

Pasang Baja Ringan

Mungkin masih banyak yang enggan menggunakan rangka atap ini, padahal rangka atap sangat cocok digunakan di wilayah Indonesia yang rawan gempa. Nah, meski begitu baja ringan atau galvalume ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan kayu atau baja konvensional.

Kelebihan Pasang Baja Ringan (Galvalum)

Memiliki Kekuatan Tarik Tinggi Tetapi Ringan

Dengan sifat baja ringan yang ringan dapat mempermudah proses pengangkutan dan konstruksi rangka atap. Walaupun bobotnya yang ringan dengan kekuatan per satuan berat yang tinggi membuat baja ringan ini memiliki beban mati yang cukup kecil. Oleh karena itu, galvalum sangat cocok digunakan sebagai struktur atap, terutama yang memiliki bentangan yang cukup besar.

Memiliki Sifat Tangguh Atau Tangguh Dan Keuletan Yang Baik

Galvalume memiliki kemampuan menyerap energi dalam jumlah besar dan juga mampu menahan deformasi besar tanpa menyebabkan kegagalan di bawah beban tarik. Dengan kemampuan menahan beban deformasi selama proses fabrikasi, transportasi, dan konstruksi tanpa menyebabkan kerusakan.

Hal ini berbeda dengan material baja atau kayu konvensional yang keras dan getas, yang akan langsung menghancurkan bila terkena beban kejut. Rangka atap baja ringan dapat diberikan kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk struktur dapat lebih fleksibel.

Seragam Karena Diproduksi Oleh Pabrik

Baja diproduksi dengan kualitas standar yang seragam sehingga kualitasnya tidak banyak berubah saat digunakan. Karena diproduksi di pabrik, baja ini juga memiliki konsistensi yang berbeda dengan rangka atap kayu yang paling sering dibuat dengan tangan.

Tahan Terhadap Karat Dan Rayap

Penggunaan baja ringan sebagai bahan rangka atap tidak perlu memberikan tahap finishing dan bahan yang terkandung di dalamnya tahan terhadap rayap dan karat. Dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan stainless steel yang masih memiliki keunggulan yang sama. Meski begitu, baja yang tetap memiliki nilai yang dapat digunakan kembali.

Proses Pemasangan Relatif Cepat

Dalam proses pemasangan rangka atap menggunakan baja ringan, dibutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar tiga hari hingga seminggu tergantung tingkat kerumitan dan luas atap yang akan dipasang. Proses ini didasarkan pada kemudahan penyambungan baja dengan berbagai jenis sambungan seperti baut, paku keling, atau las. Selain itu, dengan bobotnya yang ringan, ia mengurangi kesulitan selama proses konstruksi.

Kekurangan Pasang Baja Ringan (Galvalum)

Harga Bahan Masih Mahal

Berbeda dengan penggunaan bahan kayu, penggunaan rangka atap yang menggunakan baja ringan masih relatif lebih mahal. Namun, penggunaan galvalume saat ini lebih terjangkau dan juga lebih hemat biaya, terutama dengan menggunakan bahan ini yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, penggunaan bahan ini juga dapat membantu kesadaran akan kelangkaan kayu saat ini.

Perlu Perhitungan Yang Cermat

Pasang Baja Ringan | Kerugian menggunakan baja ringan adalah perlunya perhitungan yang cermat. Karena jika ada yang salah perhitungan atau dalam proses pemasangannya bisa berdampak pada bagian atap yang lain. Oleh karena itu dalam pengerjaan rangka atap yang menggunakan galvalume harus lebih teliti dibandingkan dengan bahan lainnya. Gambar juga diperlukan untuk mendapatkan atap yang dapat dibangun dan berfungsi dengan baik.

Kurang Indah Dipandang Bila Struktur Atapnya Terekspos

Berbeda dengan kayu yang ketika diekspos memiliki keindahan estetis, baja tidak memiliki keindahan atau estetis saat diekspos. Oleh karena itu, rangka atap galvalume perlu ditutup dengan plafon untuk meningkatkan nilai estetika pada ruangan.

Daftar Jenis Baja Ringan

Baja Ringan Kaso atau Trus

Jenis baja ringan yang pertama adalah kasau atau rangka baja ringan, yang sangat cocok untuk konstruksi kaki-kaki utama, terutama untuk tiang-tiang utama. Truss terdiri dari profil W dan C yang memiliki ukuran yang berbeda, dimana profil W memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari profil C.

Baja Ringan Taso

Pasang Baja Ringan | Selanjutnya ada taso mild steel yang memiliki bentuk menyerupai huruf A dan bagian luarnya menyerupai balok dengan ukuran yang kecil. Baja ringan taso digunakan untuk mengikat profil B. Kini untuk menyusun rangkaian atap yang dibutuhkan taso dengan ukuran yang tipis, sehingga dapat menghasilkan desain bangunan yang modern.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang kelebihan dan kekurangan Pasang Baja Ringan terbaru, untuk pasang baja ringan dari kami klik disini .

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Harga Pasang Baja Ringan

Harga Pasang Baja Ringan

Dipublish pada 20 June 2022 | Dilihat sebanyak 889 kali | Kategori: Uncategorized

Pasang Baja Ringan – Sedang Cari info harga pasang baja ringan per meter 2021, harga pasang baja ringan , harga pasang baja ringan plus bahan, harga pasang baja ringan kanopi, harga pasang baja ringan 2021 Kami merupakan   distributor baja... selengkapnya

Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Dipublish pada 24 June 2022 | Dilihat sebanyak 718 kali | Kategori: Uncategorized

Anda ingin mengetahui info biaya atap baja ringan, menghitung biaya pemasangan baja ringan, menghitung biaya pemasangan atap baja ringan, cara menghitung biaya pemasangan atap baja ringan, perkiraan biaya pemasangan atap baja ringan, simak di bawah ini. Kami Baja Ringan Prambanan... selengkapnya

Atap Baja Ringan Rumah

Mengenal Atap Baja Ringan Rumah Tipe 36

Dipublish pada 9 June 2022 | Dilihat sebanyak 959 kali | Kategori: Uncategorized

Mengenal Atap Baja Ringan Rumah Tipe 36 – Salah satu tipe hunian dengan konsep minimalis yang paling sering dibangun oleh masyarakat Indonesia adalah rumah tipe 36. Sesuai dengan namanya, rumah tipe ini memiliki luas bangunan total 36 meter persegi, dimana... selengkapnya

1 | 2 | 3 | 4 | Mushiku.com