Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Kelebihan Dan Fungsi Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan Dan Fungsi Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 22 June 2022 | Dilihat sebanyak 369 kali | Kategori: Uncategorized

Rangka Atap Baja Ringan | Seiring dengan perkembangan zaman, bangunan sipil berkualitas dalam segala aspek. Salah satu aspek yang banyak mendapat perhatian adalah materi aspek yang digunakan oleh pengguna suatu struktur bangunan. Banyak rekayasa telah digunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan aspek ini.

Rangka Atap Baja Ringan

Melihat kebutuhan akan material tersebut, Rangka Atap Baja Ringan menjadi material pilihan karena ekonomis dan kekuatan yang dapat diberikannya. Rangka baja ringan hikari merupakan salah satu bahan bangunan yang paling banyak digunakan selain beton dan kayu. Rangka baja ringan hikari sebagai salah satu bahan bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan bahan lainnya.

Oleh karena itu, seringkali dalam penggunaannya bahan baja dipadukan dengan bahan lain untuk menutupi kelemahan masing-masing bahan. melihat kekurangan dari ketiga bahan tersebut, untuk rangka atap saat ini digunakan struktur rangka atap baja ringan. Baja ringan rangka Hikari adalah baja cold-formed dengan ketebalan mulai dari 0,4 mm hingga 3,0 mm.

Karena ketebalannya yang tipis, baja ringan yang digunakan untuk keperluan struktur harus terbuat dari baja berkekuatan tinggi, sehingga memiliki ketahanan yang cukup untuk menerima beban struktur. Berbeda dengan baja konvensional, baja ringan merupakan baja berkekuatan tinggi yang ringan dan tipis, namun memiliki fungsi yang sama dengan baja konvensional. Baja ringan adalah jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel).

Rangka Atap Baja Ringan dibuat untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meski tipis, baja ringan memiliki derajat kuat tarik yang tinggi sekitar 550 MPa, sedangkan baja biasa sekitar 300 MPa. kekuatan tarik dan tegangan dalam bentuk bentuk yang tipis. Ketebal baja ringan yang tersedia saat ini berkisar antara 0.4mm – 1mm.

Perhitungan kuda baja ringan sangat berbeda dengan kayu, yang cenderung lebih dekat. Semakin besar beban yang harus dipikul, semakin pendek jarak antar kuda. Misalnya, untuk genteng dengan berat 40 kg/m2, jarak kuda-kuda dapat dibuat setiap 1,4m. Sedangkan jika berat genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda menjadi 1,2m.

Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan:

  • Karena bobotnya yang ringan, dibandingkan dengan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (sehingga struktur lebih efisien).
  • Baja ringan tidak mudah terbakar.
  • Pemasangan relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan rangka kayu.
  • Baja ringan hampir tidak memiliki nilai pemuaian dan penyusutan, sehingga tidak berubah karena panas dan dingin.

Kekurangan:

  • Rangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik tanpa penutup plafon.
  • Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk dalam berbagai profil.
  • Kualitas dan mutu struktur atap baja ringan tidak terjamin.

Fungsi Rangka Atap Baja Ringan

Fungsi Atap Untuk Menghindari Sinar Matahari dan Mengurangi Panas

Rangka Atap Baja Ringan | Meski memberikan banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, ada kalanya sinar matahari juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita. Tak jarang sinar matahari yang terlalu terik membuat kita merasa tidak nyaman. Yang lebih berbahaya lagi, radiasi dapat menyebabkan kanker kulit. Dampak buruk ini tentunya bisa dihindari dengan berteduh di bawah najis tentunya bisa dihindari dengan berteduh di bawah naungan.

Dalam konteks bangunan, atap merupakan elemen yang memberikan perlindungan. Agar fungsi ini dapat berjalan dengan maksimal, ada baiknya untuk tidak meremehkan desain atap yang kita terapkan. Apalagi di negara tropis yang notabene mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, pemilihan bentuk dan material atap berpengaruh besar terhadap kemampuannya dalam menangkal panas.

Atap Untuk Melindungi Dari Hujan

Salah satu fungsi atap lainnya adalah untuk melindungi dari hujan. Oleh karena itu, keberadaan atap dalam sebuah hunian tidak bisa ditawar-tawar lagi. Bahan atau material yang tahan air dan kuat merupakan syarat yang harus dipenuhi di bawahnya dari hujan. Berkat teknologi pembuatan bahan atap yang semakin canggih, kini banyak pilihan bahan penutup atap tahan air yang praktis untuk dipasang.

Rangka Atap Baja Ringan | Demikian juga bahan pelapis anti air atau waterproofing bisa diaplikasikan pada sambungan atap yang rawan bocor. Namun, pada bangunan dengan konsep tradisional, atap yang terbuat dari bahan alami, seperti alang-alang, juga masih lebih disukai dan masih banyak digunakan. Jika ingin menggunakan atap seperti ini, pastikan ketebalannya cukup efektif sehingga dapat mencegah udara masuk ke dalam bangunan.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang kelebihan dan fungsi Rangka Atap Baja Ringan , semoga bermanfaat. Untuk info rangka atap baja ringan segera hubungi kami .

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Atap Baja Ringan Murah

Atap Baja Ringan Murah Yang Sering Di Gunakan Ada 3 jenis

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 258 kali | Kategori: Uncategorized

Atap baja Ringan murah – Baja ringan atau yang biasa disebut juga dengan galvalum, ini sudah sangat banyak digunakan untuk material yang unik yang ditambah atau baja konvensional untuk pembuatan rangka atap. Galvalum dapat digunakan untuk melindungi beberapa bahan dasar... selengkapnya

Pasang Plafon Gypsum

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu

Dipublish pada 29 May 2022 | Dilihat sebanyak 458 kali | Kategori: Uncategorized

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu – Pada ulasan kali ini, kita akan mempelajari cara pemasangan rangka kayu pada atap plafon dengan baik dan benar sesuai dengan standar konstruksi rumah tinggal Indonesia. Plafon merupakan bagian wajib dari setiap bangunan tempat... selengkapnya

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik dari Baja Ringan

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik dari Baja Ringan

Dipublish pada 23 June 2022 | Dilihat sebanyak 275 kali | Kategori: Uncategorized

Baja ringan merupakan material logam yang dibuat dari campuran Aluminium dan Zinc sehingga ringan dan kuat. Seperti logam pada umumnya, baja ringan juga memiliki sifat untuk menghantarkan listrik sehingga Anda perlu berhati-hati saat memasangnya. Maka dari itu, penting bagi Anda... selengkapnya