Beranda » Uncategorized » Harga Baja Ringan Prambanan Lengkap Terbaru 2022

Harga Baja Ringan Prambanan Lengkap Terbaru 2022

Dipublish pada 20 June 2022 | Dilihat sebanyak 923 kali | Kategori: Uncategorized

Harga Baja Ringan | Baja ringan menjadi satu bahan bangunan yang banyak diminati belakangan ini. solusi karena baja ringan menawarkan berbagai macam keunggulan dan kelebihan jika dibandingkan dengan jenis atap konvensional pada umumnya. Maka dari itu, wajar jika harga baja ringan Prambanan pun semakin kompetitif di pasaran.

harga baja ringan Prambanan

harga baja ringan Prambanan

Secara umum, harga baja ringan sangat bervariasi tergantung pada merk, jenis, dan juga kualitas yang dimiliki. Sehingga Anda perlu cermat dalam mempertimbangkan kebutuhan serta anggaran dari penggunaan baja ringan yang akan digunakan untuk pembuatan atap. 

Apa Itu Baja Ringan?

Sebelum mengulas lebih jauh terkait seluk-beluk harga baja ringan secara lengkap, terlebih dahulu perlu diulas apa itu baja ringan. Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih mengenal tentang komponen bahan bangunan yang satu ini.

Ringkasnya, baja ringan adalah sejenis baja karbon yang memiliki sifat kokoh dan kuat namun memiliki bobot yang ringan. Jenis baja ini sangat umum digunakan untuk proses konstruksi terutama untuk pembuatan atap rumah.

Secara umum, baja ringan paling sering dibuat dari campuran logam seng dan alumunium. Sehingga memiliki perpaduan berupa sifat yang kuat dan kokoh namun hanya memiliki yang sangat ringan.

Meskipun baja ringan memiliki bobot yang ringan dan terlihat tipis, namun baja ringan ini tidak mampu menahan beban yang cukup berat. Selain itu, adanya lapisan Galvanis pada baja ringan akan membuat material ini terbebas dari ancaman karat atau korosi.

Baja ringan yang tidak rentan terhadap korosi ini tentunya akan membuat penggunanya semakin awet. Sehingga Anda tidak perlu sering melakukan perbaikan pada konstruksi yang dibuat menggunakan baja ringan tersebut.

Berbagai keunggulan tersebut membuat banyak orang semakin tertarik untuk menggunakan Baja ringan sebagai komponen utama untuk sebuah hunian. Pasalnya, baja ringan dinilai memiliki lebih banyak nilai positif menggunakan kayu untuk atap tradisional.

Cara Memilih Baja Ringan yang Tepat

Memilih baja ringan memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan serampangan. Karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kualitas dan kuantitas proses konstruksi yang akan Anda lakukan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa cara yang tepat memilih material baja ringan untuk kebutuhan konstruksi. 

1. Pilih Baja Ringan Dengan Kualitas Sesuai Standar

Tips pertama yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli baja ringan adalah dengan memperhatikan standar kualitas yang dimiliki. Pastikan Anda membeli jenis baja ringan bermutu tinggi (High Tension Steel). pilih baja ringan yang memang sudah memenuhi standar minimal G550.

Ketika Baja ringan memenuhi standar G550 maka produk tersebut akan memiliki kekuatan tegangan dan tarikannya hingga mencapai 550 Mpa. Imbasnya, baja ringan yang Anda beli akan terbukti kuat dan kokoh untuk penggunaan konstruksi. Sehingga dapat digunakan untuk mendukung berbagai jenis atap rumah.

Selain itu, kualitas baja ringan juga bisa dinilai berdasarkan parameter SAR grade yang dimiliki. Baja ringan berkualitas terbaik umumnya memiliki nilai SAE Grade pada angka 980. Sebenarnya indikator tersebut juga menunjukkan nilai tegangan regangan pada baja ringan. Jadi semakin tinggi nilainya maka kualitasnya pun akan menjadi semakin baik.

Kalau Anda merasa bingung dalam menentukan kualitas berdasarkan G550 atau SAE Grade, ada cara termudah untuk memilihnya. Pastika saja Anda memilih jenis baja ringan yang sudah memenuhi standar SNI. Pasalnya, jika sudah memenuhi standar SNI umumnya sudah sangat aman untuk digunakan.

2. Sesuaikan Dengan Jenis Model Atap Rumah  

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk memilih baja ringan terbaik adalah menyesuaikan dengan jenis model atap rumah. Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini ada banyak sekali jenis atap rumah yang bisa Anda gunakan.

Berbagai jenis atap tersebut mulai dari genteng metal, genteng keramik, asbes, beton, dan lain sebagainya. Anda ingin menggunakan bahan penutup atap yang memiliki beban relatif cukup berat, pastikan baja ringan yang dipilih pun memiliki kualitas terbaik.

tujuan adalah untuk membuat rangka baja ringan tersebut mampu menopang beban berat yang ada di atap. Sehingga risiko terjadinya ambruk pun bisa diminimalisir dan proses pembuatan atap menjadi lebih optimal.

3. Periksa Sistem Penguat/Pengaku atau Bracing

Sebagai komponen material bangunan, baja ringan memang memiliki tingkat fleksibilitas penggunaan yang relatif cukup tinggi. Artinya, baja ringan tersebut mudah disusun dan didesain sesuai dengan model atap yang diinginkan.

Sesuai namanya, baja ringan tentu memiliki bobot yang relatif ringan karena ukurannya yang relatif cukup tipis. Bentuk baja ringan yang relatif tipis, sehingga membutuhkan sistem pengaku yang tepat agar strukturnya kuat dan kokoh.

Sistem pengaku atau bracing memiliki fungsi untuk memperkuat struktur yang dihasilkan oleh baja ringan. Sehingga proses pemasangannya tidak tepat karena sistem pengaku tersebut perlu menyesuaikan dengan jenis atap yang akan digunakan.

Sistem bracing sendiri terdiri dari berbagai jenis, dari diagonal web bracing, angin, top chord bracing, dan lain sebagainya. Mengingat bahwa tidak semua orang memahami sistem pemasangan dan pengaku pada baja ringan, sebaiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan ahli baja ringan atau arsitek yang sudah berpengalaman.

4. Pilih Jenis Baja Ringan Prefabrikasi

Baja ringan jenis fabrikasi merupakan salah satu cara pemasangan baja ringan yang model dan ukurannya sudah dipotong oleh pabriknya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan pemotongan baja ringan secara mandiri ketika ingin melakukan proses konstruksi. 

Dengan demikian, proses pemasangan rangka atap baja ringan pun akan menjadi lebih mudah, cepat, dan juga efisien. Jika Anda ingin menggunakan baja ringan sebagai bagian dari konstruksi atap rumah, sebaiknya pertimbangkan metode ini. Selain cepat, hasil yang didapatkan pun umumnya akan lebih rapi dan juga strukturnya lebih kuat.

5. Pilih Baja Ringan Bergaransi

Cara berikutnya yang juga perlu dipertimbangkan saat ingin membeli baja ringan adalah dengan mempertimbangkan faktor garansinya. Maka dari itu, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda menanyakan terkait dengan garansi pada saat melakukan pembelian baja ringan.

Salah satu jaminan garansi yang sangat penting adalah terkait kualitasnya. Baja ringan yang berkualitas, membuat penggunanya tidak perlu takut lagi dengan jangka panjang. Sehingga secara umum dapat memberikan penghematan yang lebih optimal pada biaya konstruksi rumah di masa mendatang.

Daftar Harga Baja Ringan Prambanan Lengkap Terbaru 2022

Setelah mengetahui apa itu baja ringan dan cara memilihnya, mungkin Anda juga sudah bertanya-tanya mengenai berapa Harga Baja Ringan Prambanan terbaru di tahun 2022 ini. Apalagi jika Anda sudah berencana membuat rumah dengan atap baja ringan di masa mendatang.

Secara umum, harga baja ringan memang bisa berbeda-beda berdasarkan banyak faktor. Mulai dari merk baja ringan, jenis baja ringan, dan bahkan lokasi pembelian produk baja ringan tersebut.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa informasi umum mengenai perkiraan harga baja ringan yang dihimpun dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa prakiraan ini tidak dapat dijadikan sebagai patokan yang tetap karena harga di wilayah Anda bisa saja berbeda.

1. Harga Baja Ringan Prambanan Merk Prima Truss

Prima Truss menjadi salah satu brand baja ringan yang sudah cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain memiliki kualitas yang maksimal, baja ringan ini pun sudah memenuhi standar SNI sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait keamanan dan kekuatannya.

Sebagai gambaran, berikut adalah daftar harga baja ringan merk Prima Truss yang perlu Anda ketahui.

Jenis Baja Ringan Prima Truss panjang harga
Kaso 0,65 mm 6 meter Rp 70.000
Kaso 0,70 mm 6 meter Rp 75.000
Kaso 0,75 mm 6 meter Rp80.000
kaso 1,00 mm 6 meter Rp 105.000
Reng 0.40 mm 6 meter Rp 35.000
Reng 0.45 mm 6 meter Rp 40.000

 

Selain memiliki kualitas yang terbilang cukup unggul, Prima Truss juga memiliki banderol dengan harga yang relatif terjangkau di pasaran.

2. Harga Baja Ringan Merk Taso di Pasaran

Rekomendasi baja ringan yang juga tidak kalah berkualitas adalah Tasso. Baja ringan yang diproduksi oleh PT. Tatalogam Lestari ini kerap menjadi alternatif pilihan untuk kebutuhan konstruksi atap baja ringan di rumah.

Jenis Baja Ringan Tasso panjang harga
Kaso 0,65 mm 6 meter Rp 95.000
Kaso 0,70 mm 6 meter Rp 98.000
Kaso 0,75 mm 6 meter Rp 100.000
Kaso 1,00 mm 6 meter Rp 150.000
Reng 0.40 mm 6 meter Rp 55.000
Reng 0.45 mm 6 meter Rp 60.000

 

Produk baja ringan Taso sudah dikenal karena kualitas dan kekuatan yang dimiliki. Selain itu, baja ringan ini juga diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang bersertifikasi SNI 4096. Sehingga kualitas baja ringan ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

3. Baja Ringan Merk Kencana Truss

Sama seperti merk baja ringan pada umumnya, Kencana Truss juga menawarkan produk baja ringan dengan kualitas dan standar tinggi. Selain memperhatikan kualitas yang sudah dimiliki, produk baja ringan dari Kencana Truss ini juga memenuhi standar SNI.

Baja Ringan Kencana Truss panjang harga
Kaso 100 mm 6 meter Rp 120.000
Kaso 75 mm 6 meter Rp80.000
Kaso 70 mm 6 meter Rp 70.000
Kaso 65 mm 6 meter Rp 65.000
Kaso 60 mm  6 meter Rp 58.000
Panjang 45 mm 6 meter Rp 40.000

 

Harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang unggul membuat baja ringan Kencana Truss layak untuk dipilih sebagai komponen material konstruksi Anda.

4. Produk Baja Ringan Alfa Truss

Merk baja ringan ternama yang bisa Anda pilih berikutnya adalah Alfa Truss. Merek baja ringan ini juga terkenal dengan kualitas produk yang tinggi dan juga sudah memenuhi standar SNI. Sehingga kekuatan dan daya tahannya pun sudah cukup terbukti.

Jenis Baja Ringan Alfa Truss panjang harga
Kaso C75.75 6 meter Rp 65.000
Kaso C75.65 6 meter Rp 60.000
Kaso C75.100 6 meter Rp 57.000
Reng 31.45 6 meter Rp 29.000

 

Selain memiliki kualitas yang terbilang cukup unggul, harga yang dibanderol untuk baja ringan Alfa Truss pun cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi pembengkakan biaya saat konstruksi atap baja ringan.

5. Baja Ringan dari BMT Truss

Merk baja ringan yang tidak kalah terkenal lainnya adalah BMT Trusss. Produk ini merupakan baja ringan yang diproduksi oleh Baja Mandiri Teknik yang sudah cukup terkenal dalam industri pembuatan baja ringan.

Jenis Baja Ringan BMT Truss panjang harga
Kaso C75.60 6 meter Rp 57.000
Kaso C75.65 6 meter Rp 62.000
Kaso C75.75 6 meter Rp 65.000
Kaso C75.100 6 meter Rp 96.000
Reng 28.45 6 meter Rp 29.000
Reng 30.45 6 meter Rp32.000

 

Meskipun harga baja ringan BMT Truss di setiap wilayah bisa berbeda-beda, namun secara umum produk ini sudah memenuhi standar SNI.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Baja Ringan

Setelah mengetahui harga baja ringan Prambanan terbaru, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh baja ringan.

Kelebihan Penggunaan Baja Ringan Untuk Konstruksi

Sebagai salah satu materi yang sangat populer, baja ringan menawarkan beberapa keunggulan untuk penggunaan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh baja ringan.

  • Material yang kuat, kokoh, dan bobotnya juga ringan.
  • Proses pemasangan yang mudah dan juga cepat.
  • Bahan bahan anti karat dan anti keropos.
  • Tidak perlu sering melakukan perawatan sehingga lebih awet digunakan untuk konstruksi.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Relatif cukup tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

Berbagai kelebihan tersebut membuat baja ringan menjadi bahan yang sekarang banyak diminati untuk pembuatan atap. Selain harga yang cenderung terjangkau, penggunaan baja ringan juga bisa memberikan estetik yang lebih baik pada hunian Anda.

Kekurangan Baja Ringan Untuk Konstruksi Hunian

Meskipun menawarkan berbagai macam keunggulan, namun baja ringan juga tidak lepas dari kekurangan dalam penggunaan. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa kekurangan baja ringan untuk proses konstruksi.

  • Bobotnya yang ringan membuat bahan ini lebih rentan terhadap hempasan angin kencang bila dibandingkan dengan bahan dari kayu.
  • Bahan baja ringan tidak fleksibel sehingga susah untuk dibentuk sesuai keinginan.
  • memerlukan perlengkapan tambahan untuk yakni baja dan dasar genteng untuk bagian penutup atap.
  • Proses pemasangannya membutuhkan tukang khusus dan juga alat-alat khusus sehingga tidak semua orang bisa melakukan pemasangan baja ringan.
  • Meski tahan karat, namun jenis baja ringan relatif rentan terhadap ancaman cairan yang bersifat basa atau alkali sehingga penyimpanannya harus dilakukan dengan benar.

Terlepas dari berbagai kelemahan yang dimiliki, baja ringan tetap patut dipertimbangkan sebagai solusi terbaik untuk kebutuhan atap rumah Anda.

Bagi Anda yang ingin menggunakan baja ringan untuk pembuatan atap, tentu saja tidak boleh jika memilih tukang. Pastikan Anda hanya memilih jasa pemasangan baja ringan yang terbaik, profesional, dan berkualitas agar bisa memberikan hasil yang terbaik.

Untuk Anda yang masih bingung memilih jasa baja ringan terbaik, langsung saja kunjungi bajaringanprambanan.id dari gawai Anda. Baja Ringan Prambanan adalah penyedia jasa pasang baja ringan terbaik dan berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebagai salah satu jasa pasang baja ringan terbaik, Baja Ringan Prambanan menawarkan berbagai layanan konstruksi. Mulai dari atap baja ringan, kanopi, dan lain sebagainya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Itulah pembahasan lengkap mengenai harga baja ringan Prambanan lengkap dan terbaru. Butuh baja ringan? Hanya Baja Ringan Prambanan untuk solusi kebutuhan Anda.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Atap Baja Ringan

Desain Atap Baja Ringan Galvalum Terbaik

Dipublish pada 27 June 2022 | Dilihat sebanyak 911 kali | Kategori: Uncategorized

Atap Baja Ringan – Desain atap galvalum saat ini menjadi solusi praktis untuk rumah modern. Perumahan modern saat ini sudah banyak dijadikan pilihan, terutama untuk kota-kota besar. Lahan kosong yang tersedia semakin kecil sehingga rumah minimalis dengan atap galvalum kini... selengkapnya

Atap Baja Ringan Murah

Harga atap baja ringan murah terbaru 2022

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 860 kali | Kategori: Uncategorized

Atap baja ringan murah – Sampai saat ini, harga atap baja ringan ini bisa dibilang sudah cukup murah dan sudah terjangkau. Karena dengan material baja ringannya sudah sangat mampu untuk menempatkan kayu untuk kebutuhan rangka atap. Harga atap baja ringan... selengkapnya

Harga Baja Ringan

Beberapa Merk Dan Harga Baja Ringan Terbaik Sekaligus Berkualitas

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 794 kali | Kategori: Uncategorized

Harga Baja Ringan  – Baru-baru ini, baja ringan telah menjadi salah satu bahan bangunan yang paling populer. Merk baja ringan sangat beragam dengan tipe yang berbeda dan harga yang cenderung lebih terjangkau. Selain dua hal tersebut, keunggulan baja ringan juga... selengkapnya

1 | 2 | 3 | 4 | Mushiku.com