Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Dipublish pada 25 July 2022 | Dilihat sebanyak 285 kali | Kategori: Uncategorized

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan, Material baja ringan dalam konstruksi suatu bangunan terutama pada bagian atap akan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pasokan bahan kayu yang semakin langka membuat bahan baja ringan dipilih sebagai alternatif. Selain itu, baja ringan juga memiliki beberapa keunggulan yang tentunya tidak dimiliki oleh rangka kayu sebagai atapnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Salah satu keunggulan baja ringan adalah memiliki kekuatan yang ringan sehingga dapat menghasilkan struktur pendukung di bawahnya. Saat ini kebanyakan orang memilih baja ringan sebagai bahan utama atap rumahnya. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan beberapa keunggulan baja ringan. Misalnya harga lebih terjangkau, kekuatan terjamin, lebih ringan dan presisi, serta tidak mudah lapuk dan gosong seperti kayu.

Cara menghitung kebutuhan Baja Ringan untuk atap rumah yang merupakan bagian penting dalam proses membangun sebuah bangunan atau rumah harus dilakukan dengan baik dan benar. Begitu juga soal pemilihan bahan baja ringan yang akan digunakan.

Perhitungan diperlukan agar nantinya pemilik gedung dapat menyiapkan berapa anggaran dana atau biaya yang perlu disiapkan untuk membeli material baja ringan. Namun permasalahannya tidak semua orang mengetahui cara menghitung total bahan kebutuhan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tata cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap rumah dengan menggunakan rumus agar hasilnya bisa lebih akurat.

Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan

Data Ukuran Detail Rumah Anda

Sebelum menghitung volume, menyiapkan data panjang dan lebar rumah, panjang overstek, dan kemiringan atap. Misalnya, Anda akan menghitung untuk rumah tipe 96 dengan panjang 12 meter dan lebar 8 meter. Overstek panjang 1 meter.

Kemiringan atap rumah sekitar 35 derajat. Ayo hitung semua ukuran rumah yang sudah kamu kumpulkan. Rumusnya adalah: Panjang bangunan = panjang rumah + 2*panjang overstek = 12 + 1 + 1 = 12 m, Lebar bangunan = lebar bangunan + 2*panjang overstek = 8 + 1 + 1 = 8 m dan Derajat kemiringan = cos 35 = 0,819 (dapat dihitung dengan kalkulator ilmiah).

Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan semua data, Anda dapat mulai menghitung volume atap baja ringan. Rumus yang digunakan untuk menghitung volume rangka atap baja ringan adalah : Rumus Volume = (Panjang Bangunan + Panjang Overstek) x (Lebar Bangunan + Panjang Overstek) / Nilai Cosinus Derajat Kemiringan Atap Anda tinggal masukkan panjang dan lebar data yang telah ditambahkan panjang overscore diatas.

Volume atap baja ringan : (Panjang Bangunan + Panjang Oversteel) x (Lebar Bangunan + Panjang Overstek): Nilai kosinus derajat kemiringan atap genteng = 14 meter persegi x10 meter persegi: 0,819 = 171 meter persegi. Mudah bukan menghitungnya? Mari kita lanjutkan menghitung kebutuhan baja ringan dengan Kaso, reng, dan jumlah ubin.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Dari Kaso, Reng, Ubin Dan Sekrup

Untuk membuat rangka atap baja ringan perlu cara menghitung kebutuhan Kaso dan terlebih dahulu. Material ini merupakan bagian penting dari atap baja ringan. Mengetahui jumlah Kaso dan reng yang banyak akan memudahkan Anda dalam menyiapkan dana yang diperlukan.

Jumlah Kaso

Pertama, Anda dapat menghitung jumlah Kaso yang dibutuhkan atau disebut juga kanal dengan rumus: Volume rangka atap x 4) / 6. Jika diterapkan pada contoh data di atas, maka jumlah Kaso yang dibutuhkan = (171 x 4) / 6 = 114 Kaso.

Jumlah Reng

Setelah mengetahui jumlah kebutuhan Kaso, Anda dapat menghitung reng yang dibutuhkan dengan data jumlah Kaso. Karena taso merupakan dasar untuk memasang reng. Perhatikan rumus sebagai berikut: Jumlah Taso x 1,2 Jika diterapkan pada contoh data, jumlah reng yang dibutuhkan = 114 x 1,2 = 137 reng.

Jumlah Kebutuhan Genteng

Ukuran ubin yang digunakan akan menentukan jumlah kebutuhan. Di sini, perhitungannya menggunakan model genteng. Genteng metal ini memiliki luas 8 meter persegi, panjang 4 meter dan lebar 2 meter. Mari kita menggunakan rumus: Volume Atap x 1,62

Volume atap yang dihitung adalah 171 meter persegi. Banyaknya genteng metal yang dibutuhkan berarti 171 x 1,62 = 277.02. Karena menghasilkan nilai setelah koma, Anda dapat membelikan hingga 278 lembar genteng metal berukuran luas 8 meter persegi. Tapi, Anda harus membeli jumlah ubin lebih dari kebutuhan Anda. Ini mencegah ubin kekurangan jika salah satu ubin rusak. Untuk bahan lain seperti Kaso dan reng, Anda dapat membeli suku cadang untuk mencegahnya.

Atau bisa Anda simak Tutorial Vidio Dibawah:

Demikian ulasan tentang, Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan . Semoga bermanfaat.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
pasang atap baja ringan

Atap Baja Ringan Terbaik Di Jogja Dan Klaten

Dipublish pada 25 June 2022 | Dilihat sebanyak 240 kali | Kategori: Uncategorized

Konsultasikan ke kami untuk atap ringan, atap ringan, atap ringan dan kuat, jenis atap ringan, harga atap baja ringan, atap baja ringan tim kami dengan senang hati untuk membantunya. Baja ringan menjadi pilihan banyak orang untuk efisiensi waktu dan tenaga.... selengkapnya

Harga Baja Ringan

Beberapa Merek Harga Baja Ringan Terbaru 2022

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 351 kali | Kategori: Uncategorized

Ada Beberapa Merek Harga Baja Ringan Terbaru 2022 Harga Baja Ringan – Sudah ada banyak padamerek bja ringan berkualitas dan sudah beredar beredar beredar beredar beredar di pasaran, seperti Kеnсаnа Trust, Alfa Prіmа, TASO, dan masih bаnаk lagi lаіnnуа. Baja... selengkapnya

Atap Baja Ringan Murah

4 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Baja Ringan Murah

Dipublish pada 26 June 2022 | Dilihat sebanyak 347 kali | Kategori: Uncategorized

4 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Baja Ringan Murah Untuk Bangunan Atap Baja Ringan Murah – Atap untuk baja ringan yang memang sudah banyak di perbincangkan karena keunggulanya. Dan apakah kalian tahu bahwa atap yang jenis ini juga memiliki kelemahan dan... selengkapnya